Jangan Gunakan Albothyl, Berbahaya Bagi Kesehatan Mulut Anda

Info Penting dari BPOM! Jangan Gunakan Albothyl, Berbahaya Bagi Kesehatan Mulut Anda. Demikian informasi yang tersebar dibanyak media sosial mulai dari Whatsapp sampai situs-situs internet lainnya. Apakah berita ini benar atau Hoax? Mari kita cek kembali kebenaran dari berita ini.

Pesan Berantai Lewat Whatsapp

PENTING!Tolong beritahu keluarga, kerabat, dan orang2 untuk tidak menggunakan obat ALBOTHYL. Kandungan aktif obat albothyl berfungsi untuk membuat sel nekrosis (sel sel tubuh mati). Jadi bukan menyembuhkan, tapi dibuat mati. Sudah banyak korban yang menggunakan albothyl dan mengalami kanker oral/lidah.Di luar negri, penggunaan ALBOTHYL hanya untuk hewan dan bukan manusia. Sayangnya belum ditarik dari penjualan bebas di IndonesiaAlbothyl ini isinya policresulent cara kerjanya mirip hidrogen peroksida pake onasen utk membersihkan luka atau debridementMembantu proses neutrofil dan monosit di fase inflamasi. Sebaiknya dipakai hanya pada hr ke 1-3 krn membantu fase inflamasi akutSetelah hr ke 4 tolong diganti ama yg mempercepat penyembuhan luka spt aloclair atau oxyfreshHr ke4 itu masuk fase proliferasi dimana makrofag akan meningkatkan growth faktor dan sitokin utk membentuk kolagen, fibroblas dan neovaskuler selanjutnya terjadi ekstraseluler matrix atau ECMNah kalo albothul masih dipake sesudah hr ke4 maka akan mengganggu fase proliferasi sehingga pembentukan ECM akan terganggu sehingga luka sulit menutupLuka yg terbuka memberikan kesempatan pada mikroorganisme terutama virus utk memodifikasi dna sehingga memicu keganasanKondisi luka terbuka dg fase inflamasi yg lama tdk baik utk pasien dg imunokompromised spt pasien tua, hiv, DM krn jangankan utk proses penyembuhan luka. Sel2 imun sibuk utk memperbaiki penyakit sistemiknya sehingga luka sulit sembuh#info dari sejawat Doktor dokter gigi SpPM.Demikian isi lengkap pesan tersebut. Namun apakah informasi ini valid? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Benarkah Informasi Diatas?

Beberapa hari terakhir ini telah beredar surat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menyatakan bahwa kandungan Policreculen dalam bentuk cairan obat luar konsentrat 36 persen tidak terbukti secara ilmiah sebagi obat luar. Kandungan ini diduga yang terdapat dalam produk Albothyl. Produk yang telah banyak digunakan masyarakat sebagai obat sariawan dan oral.

Beredarnya surat ini tentu saja menimbulkan reaksi luas di masyarakat, apalagi Albothyl sudah beredar luas dan dalam waktu yang lama di masyarakat.Merespon surat ini Kepala BPOM Penny K. Lukito menyatakan bahwa surat tersebut adalah benar.

“Untuk sementara waktu jangan gunakan Albothyl terlebih dahulu. Dalam waktu dekat kami akan melakukan klarifikasi mengenai Albothyl,” kata Penny saat ia ditemui di Jelambar, Jakarta, Kamis 15 Februari 2018.

BPOM juga menyampaikan bahwa kasus ini masih dalam proses penyidikan dan belum ada langkah penindakan lebih lanjut.

Nah seperti saran Kepala BPOM untuk sementara Jangan Gunakan Albothyl, Berbahaya Bagi Kesehatan Mulut Anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati.