Info Kerja, Sensus Penduduk 2020 BPS Butuh 800 Ribu Petugas Sensus

Kali ini saya coba sampaikan Info Kerja, Sensus Penduduk 2020 BPS Butuh 800 Ribu Petugas Sensus dan maksimal sampai 1 juta petugas. Mungkin Anda memenuhi syarat menjadi petugas Sensus Penduduk (SP) tahun 2020, mari cek persyaratannya apa saja.

“Kami  membutuhkan paling tidak 800 ribu tenaga sensus dan maksimal 1 juta orang. Nggak mungkinlah kita menggunakan seluruh pegawai BPS karena pegawai kami hanya 15 ribu orang,” demikian disampaikan Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, M. Sairi Hasbullah, Rabu (14/2/2018).

Masih menurut Sairi kebutuhan petugas sensus tersebut sudah diperhitungkan karena sensus kali ini adalah kegiatan sensus terbesar ke-4 didunia setelah sensus di China, India dan Amerika Serikat.

Disamping itu wilayah cakupan sensus yang cukup luas serta kondisi geografis yang berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya menjadi dasar kebutuhan ini.

Persyaratan dan Waktu Pendaftaran

Persyaratan yang diminta Badan Pusat Statistik untuk menjadi petugas sensus secara umum hanya mensyaratkan minimal pendidikan adalah Sekolah Menegah Atas (SMA).

Sedangkan waktu pendaftaran adalah diawal-awal tahun 2020 antara bulan Februari sampai dengan Maret 2020, untuk bertugas dibulan Juni-Juli 2020.

Setelah Anda diterima BPS akan memberikan training selama 2 hari penuh untuk hal-hal teknis yang berkaitan dengan proses kegiatan Sensus Penduduk 2020.

Silahkan catat jadwalnya dan mendaftar serta ikuti terus informasi dari BPS di link ini.

Berapa Gajinya?

Baghi Anda yang tertarik untuk mengisi posisi ini akan diberikan kompensasi gaji diatas Upah Minimum Regional (UMR) Provinsi. Dan tentu saja masing-masing daerah memiliki angka UMR Provinsi sendiri, tetapi seperti yang disampaikan Sairi bahwa upah yang akan diterima diatas UMR Provinsi.

Inovasi Sensus Penduduk 2020

BPS akan menggunakan inovasi metode metode pengumpulan data di lapangan seperti yang disampaikan oleh Kepala BPS Suhariyanto. BPS akan menerapkan tiga jenis metode sensus, yakni PAPI (Paper and Pencil Interviewing), CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing), dan CAWI (Computer Assisted Webinterviewing).

“Kita juga akan memanfaatkan teknologi geospasial dalam kerangka induk dan pengumpulan data, serta tiga pendekatan dalam metode pencacahan CAPI, CAWI, dan PAPI sehingga diharapkan pencacahan SP 2020 lebih mulus dan hasilnya lebih berkualitas,” kata Suhariyanto.

Didalam pelaksanaan SP 2020, Badan Pusat Statistik akan memenuhi tiga prinsip, yaitu akurat, banchmark, dan komprehensif.

“Hasil SP harus tepat dan akurat karena akan menjadi banchmark karena datanya komprehensif. Hasil SP 2020 sangat penting untuk bisa menjadi penajaman target di kementerian/lembaga guna mendorong pembangunan nasional,” tandas Suhariyanto.

Demikian artikel Info Kerja, Sensus Penduduk 2020 BPS Butuh 800 Ribu Petugas Sensus semoga bermanfaat.